Diberdayakan oleh Blogger.

Etika Penulisan di internet


Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan. Dengan menulis kita dapat menyampaikan banyak hal. Lewat tulisan kita dapat bercerita, berbagi informasi, berinteraksi dengan orang lain, dll. Kita juga dapat mengekspresikan diri kita lewat tulisan. Karena itu, menulis juga dapat dikatakan sebagai seni. Karena di dalam tulisan ada nilai estetika yang mengandung unsur-unsur keindahan.
Menulis dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Selama tersedia media yang dapat digunakan untuk menulis, maka kita dapat menggunakannya. Di jaman yang semakin canggih ini, semakin banyak media yang dapat kita gunakan untuk menulis. Salah satunya adalah internet. Telah banyak tersedia situs di internet yang dapat kita gunakan sebagai sarana untuk menulis seperti blog, forum, situs jejaring sosial, dll.
Pada dasarnya tidak ada aturan yang baku untuk menulis. Karena menulis adalah hak dan kebebasan individu tiap orang. Setiap orang berhak menulis apapun yang diinginkannya. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis agar tulisan kita dapat diterima oleh orang lain yang membaca tulisan kita. Kita perlu tahu kepada siapa tulisan kita hendak ditujukan. Karena setiap orang memiliki karakter dan penafsiran yang berbeda-beda sehingga kita perlu memahami keinginan dari orang tersebut.
Berbicara mengenai menulis di internet, tentunya kita harus memahami aturan-aturan yang berlaku agar tulisan kita dapat diterima. Karena internet bersifat universal sehingga tulisan kita dapat dibaca oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia, jenis kelamin, ras, suku, agama, budaya, dll.  Kecuali jika kita tidak mengijinkan orang lain untuk membaca tulisan kita (private). Sebenarnya tata cara menulis di internet tidak jauh berbeda dengan di media cetak. Hanya saja, kita perlu lebih berhati-hati dalam menulis di internet karena penyebarluasan informasi di internet relatif cepat karena internet lebih mudah diakses dan proses penyampaiannya lebih cepat dibandingkan dengan media cetak yang lebih membutuhkan banyak tahap untuk dapat sampai kepada pembaca. Bahkan tidak menutup kemungkinan kita bisa terjerat oleh hukum apabila tulisan yang kita buat sudah melanggar Undang-undang mengenai teknologi informasi. Oleh karena itu kita harus cermat dalam menulis di internet agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis di internet:
1. Gunakan bahasa dan tata bahasa yang dapat dimengerti oleh pembaca kita.
2. Gunakan tata cara penulisan yang baik dan benar. Seperti ejaan kata, huruf kecil dan besar, tanda baca, dan penempatan kata yang benar. Biasanya huruf besar digunakan untuk intonasi yang keras. Sedangkan huruf kecil digunakan untuk intonasi yang biasa.
3. Jangan menggunakan kata-kata yang kasar.
4. Jangan membuat tulisan yang mengandung SARA.
5. Jangan menjiplak hasil karya orang lain tanpa seijin pemiliknya.
6. Jangan memberikan informasi yang tidak benar (HOAX).
7. Usahakan membuat tulisan yang bermanfaat bagi orang lain dan jangan membuat tulisan yang sifatnya memancing orang lain untuk berbuat hal-hal yang tidak baik seperti tindak kriminalitas, asusila, dsb.
Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam membuat karya tulisannya. Oleh karena itu kita dapat bebas berkreasi sesuka hati kita dalam membuat tulisan, tetapi jangan sampai kita lupa memperhatikan aturan yang berlaku. Apabila tulisan kita sudah sesuai dengan aturan maka orang lain akan senang membacanya. Bahkan bisa saja tulisan kita dapat memberikan kesan yang baik kepada para pembaca.
Menulis di internet tidaklah sulit. Asalkan kita punya bahan untuk ditulis, kita tinggal menulisnya di komputer/laptop. Cobalah dengan membuat tulisan-tulisan sederhana terlebih dahulu seperti artikel singkat atau cerita pendek. Usahakan membuat tulisan yang unik dan menarik agar dapat mengundang minat orang lain untuk membacanya.

1 komentar:

jelutung mengatakan...

ok..tq

Posting Komentar